Tuesday, 8 July 2008

Tips Menggali Kreativitas Menulis !

Sering kita buntu mau menulis apa lagi ya ? berikut saya sharingkan suatu tips meningkatkan kreativitas termasuk kreativitas menulis dengan metoda SCAMPER yang dibuat oleh “Michael Michalko Author of thinkertoys” . Berikut tehniknya :

1. Modify — modifikasi sesuatu

• Modifikasi = mengubah bagian dari suatu subyek agar lebih menarik dan lebih baik. Bisa arti, tujuan, kegunaan, proses, aturan, warna, gerakan, suara, bau, bentuk, fungsi, dll.

Contoh : saat semua menulis kematian soeharto, saya buat kematian soeharto dari sudut lain : Soeharto meninggal dalam alunan musik Jazz

2. Magnify — menguatkan/membesarkan sesuatu

• Ide baru muncul dengan menambahkan, melebarkan, atau melebih-lebihkan subyeknya.

Contoh : artikel sederhana tentang rekening bank emosi (kualitas hubungan antar manusia) tapi coba dikuatkan dengan dengan tokoh SBY & Mega : SBY-JK selalu menjawab kritik Mega

3. Put to other uses — memberikan fungsi yang lain

*
Melihat suatu subyek bebas dari persepsi yang terbentuk selama ini, seolah2 pertama kali kita melihat, pasti kita dapat melihat hal yang lain dari subyek tsb.
*
Cth: yang ini saya rada sulit kasih contoh artikel WP. Tapi ada contoh umum mengenai Cake coklat bantat yang tadinya dianggap sebagai produk gagal, ternyata dapat menjadi sebuah produk yang sangat digemari yaitu BROWNIES COKLAT.

4. Eliminate — menghilangkan sesuatu• Ide2 bisa muncul saat mengurangi sesuatu. Misal dengan bertanya: Dapatkah masalah disederhanakan/ dibatasi/ dipecah2 menjadi yang lebih kecil/ diringankan?; Mana fungsi/atribut yang sebetulnya tidak penting ?

• Cth: banyak artikel mengenai UN, saya menghilangkan soal-soal UN yang sudah banyak menjadi hanya : Tips menghadapi UN (sebuah pengalaman mencapai NEM tertinggi..)

5. Reverse – membalikkan sesuatu

• Membalikkan perspektif untuk membuka cara pandang baru dan dapat melihat hal-hal yang lain. Misal dengan bertanya: Apa kebalikan dari hal ini? Apa yang akan terjadi?

• Cth: Orang berlomba-lomba ingin masuk toplist, tapi pak Budi rahardjo menulis Setelah Populer, lantas ?

6. Rearrange-menata ulang

*
Kreativitas terjadi melalui ”penataan ulang” dari hal yang sudah kita ketahui. Spt: masalah, pemikiran, prioritas, kebiasaan, cara, ruang kerja, urutan proses, dll.
*
Cth menata ulang cara pandang: artikel Pakde Geolog Hari ini SEJUTA !!!! .dan artikel lama saya mengenai Kenapa Ingin masuk Top List Blog ? …kemudian saya tata ulang menjadi Trik Meningkatkan Hits Hingga Ribuan/Hari Ala Top List Blog ?

Bagaimana ? sudah ada ide sekarang ? selamat menulis dan berkreasi ……


Share:

HUT RI

HUT RI

DONASI VIA BANK

0343015615
A/N: IBNU HARIF HALILI
KANTOR CABANG KANGEAN
768801011294502
A/N: SUPARTO
KANTOR CABANG KANGEAN

Komentar

Total Pageviews

Followers