Friday, 15 August 2008

1.200 Warga Kangayan Terisolir 15 Jembatan Transportasi Putus

SUMENEP - SURYA -Sebanyak 15 jembatan di Desa Tembayangan, Kecamatan Kangayan, Sumenep, putus. Akibatnya perekonomian yang menghubungkan antara Kecamatan Arjasa dan Kangayan Kabupaten Sumenep lumpuh selama beberapa hari ini. Ekses lanjutannya sekitar 1.200 warganya terisolir. Kepala Desa Tembayangan, Kecamatan Kangayan, Kabupaten Sumenep, Abdul Hayat kepada Surya mengatakan, ambruknya jembatan peninggalan pemerintah Belanda itu sudah diprediksi sejak 5 tahun yang lalu.

Karena kondisinya sudah retak-retak dan ada banyak batu penyangga jembatan yang ambrol. “Beberapakali kami melaporkan ke Pemkab namun tidak ada jawaban. Bahkan ada yang bilang jembatan sisa Belanda itu masih sangat kuat,” ujar Abdul Hayat, “Puncaknya sekarang ini 15 jembatan penyanggah perekonomian masyarakat itu hancur,” imbuhnya.

Jalur alternatifnya, lanjut Abdul, distribusi barang harus dengan jalan kaki puluhan kilometer atau menyewa perahu dengan cara melalui jalur laut yang jarak tempuhnya sekitar 5 jam. “Yang pasti banyak aktivitas belajar-mengajar terhenti,” keluhnya.

Ke 15 jembatan yang putus itu diantara jalur utara yang menghubungkan dengan Desa Cukong-Cukong, jalur selatan dengan Desa Cangkaraman, jalu barat dengan Desa Batuputih dan jalur timur Kecamatan Kangayan. Sedangkan untuk barat daya yakni menuju Pulau Saobi harus ditempuh dengan perjalanan laut sekitar dua jam.

Sementara itu Badrul Aini S.Sos anggota DPRD asal kepulauan Kangean berjanji akan segera menyampaikan hal tersebut ke pimpinan DPRD untuk kemudian akan dibahas solusi terbaiknya untuk secepatnya menanggulangi terisolirnya warga Tambayangan Kangayan itu sebelum lebih parah lagi.”Kalau bisa secepatnya kita akan mengajak koordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas PU Bina Marga, Cipta Karya dan Dinas Perhubungan. Kami berharap ini mendapat perhatian serius pemerintah,'' tandas Badrul.st2
<

Sumber :Surya Online

15 August 2008
Share:

HUT RI

HUT RI

DONASI VIA BANK

0343015615
A/N: IBNU HARIF HALILI
KANTOR CABANG KANGEAN
768801011294502
A/N: SUPARTO
KANTOR CABANG KANGEAN

Komentar

Total Pageviews

Followers