Monday, 25 March 2019

PELANTIKAN DAN BIMTEK PENGAWAS TEMPAT PEMUNGUTAN SUARA (PTPS) SEKECAMATAN KANGAYAN




Mulai hari ini, serentak Bawaslu Sumenep  melantik dan menggelar Bimbingan Teknis untuk PTPS (Pengawas tempat pemungutan suara) Pemilu 2019, Senin (25/3/2019).

Kecamatan Kangayan :
Bertempat di Pendopo Kec.Kangayan ,  tangal 25 Maret 2019  “Pelantikan sekaligus  Bimtek /Pembekalan Pengawas TPS” dari 91 orang Pengawas TPS yg tersebar di  9 Desa  di wilayah Kecamatan Kangayan Kab.Sumenep, Jawa Timur,. Adapun  jumlah Pengawas TPS Sekec.Kangayan adalah  Desa Batu Putih sebanyak 4 ( orang) , Desa Cangkaramaan 3 ( orang ) Desa Daandung 15 ( orang ) Desa Jukong-jukong 5 ( orang ) Desa Kangayan 20 (orang )Desa Saobi 15  ( orang ) Desa Tembayangan 3 ( orang ) Desa Timur Jang-jang 11 ( orang ) dan Desa Torjek 15 ( orang )  jumlah Pengawas TPS sebanyak 91 Pengawas TPS, yg tersebar di 9 Desa Sekecamatan Kangayan , Selain Pengawas TPS acara juga dihadiri oleh Camat Kangayan diwakili Sekcam NURULLAH, SH , Kapolsek Kangayan IPDA AGUS SUGITO,SH.,M.H. Ketua PPK Kangayan Mohammad Ikbal,S.Sos ,PD Sekecamatan Kangayan” .

    


       Dalam sambutannya,  pelantikan Pengawas TPS, Ketua Panwascam Kangayan  Kab.Sumenep, yg diwakili oleh Devisi OSDM Syamsul Arifin, SPd. mengingatkan beberapa hal terkait kewenangan Pengawas TPS yang sangat strategis. Syamsul Arifin,SPd  juga menegaskan “Masa kerja Pengawas TPS adalah 23 Hari setelah dilantik  sehingga  tidak hanya bekerja pada hari H saja. Sejak dilantik, Pengawas TPS dapat membantu PD dan panwascam dalam kegiatan kampanye, penertiban APK, distribusi logistic dan pembersihan APK pada masa tenang” yg diamanatksn undang undang Perbawasu No 7 tahun 2017 jelas Syamsul Arifin,SPd.( Devisi OSDM ).

      Hadir juga dalam kesempatan tersebut, yaitu Camat Kangayan Yang  diwakili Sekcam NURULLAH, SH. Kapolsek Kangayan IPDA AGUS SUGITO, SH.,M.H. Ketua PPK Kangayan MOHAMMAD IKBAL, S.Sos. dan  bersama jajaran Sekretariat Panwascam Kangayan .
Dan untuk meningkatkan motivasi Pengawas TPS,  diputarkan video pengawasan, Beserta simulasi dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 di  KPPS (TPS) produksi Bawaslu Kabupaten Sumenep.

    Acara Pelantikan mulai pukul Pkl. 10.00 WIB s/d 13.00  dan dilanjudkan  materi Bimtek oleh Ketua Panwascam Kangayan. BAMBANG WIYONO s/d pukul 15.30 wib.

Dalam bimtek tersebut dijelaskan tugas dan kinerja PTPS, mulai dari penetapan pemungutan surat, pelaksanaan pencoblosan, pelaksanaan perhitungan suara, pelaksanaan dan pergerakan pemungutan suara di TPS ke PPS.
Syamsul Arifin,SPd  (Devisi OSDM ) mengatakan, pihaknya juga akan memberikan bahan serta alat kerja lapangan, agar PTPS dapat melaksanakan tugas secara memadai.

"Saat pelaksanaan pengawas harus mengawasi peredaran C6 kepada pemilih," ujarnya.
Syamsul Arifin,SPd. menjelaskan di TPS rawan terjadi pelanggaran-pelanggaran atau pun manipulasi suara.
Oleh karena itu pihaknya mengantisipasi di setiap TPS diawasi satu orang pengawas dan dilibatkan institusi pengamanan lainnya untuk menjaga terjadinya kerawanan tersebut.

Kerawanan tersebut dapat terjadi dikatakan Syamsul Arifin, SPd karena bersentuhan langsung dengan masyarakat lebih mudah terjadi money politik.
"Itu bisa saja terjadi sebelum pemilih masuk TPS ada yang mencegat, ini hal yang juga harus diawasi," ujarnya.
Demikian pula mengantisipasi hal-hal kerawanan tersebut, agar perhitungan benar-benar sesuai dengan pelaksanaan Undang-undang, setelah perhitungan tugas pengawas atau PTPS juga mengawasi pergerakan kotak suara hingga sampai kepada kecamatan atau PPS.

#Bersama Rakyat Awasi Pemilu 2019
#Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan     Pemilu 2019



*sumber:Sekretariat  Panwascam Kangayan*
.........25 Maret 2019...............................
@Arifin_Kopin............
Share:

PEMILU SERENTAK 2019

PEMILU SERENTAK 2019

DONASI VIA BANK

0343015615
A/N: IBNU HARIF HALILI
KANTOR CABANG KANGEAN
768801011294502
A/N: SUPARTO
KANTOR CABANG KANGEAN

Komentar

Total Pageviews

Followers